Joedha's Blog

Mempelajari berbagai keunikan kehidupan dan menuangkannya ke dalam lembaran blog ini

Ditemukan Monster Laut Purba

laut-purba-1Joedha — Bagian tengkorak dari seekor monster laut purba yang diyakini memiliki ukuran tubuh hingga sepanjang 16 meter ditemukan di pantai selatan Inggris. Seperti dilaporkan pada Selasa (27/10), monster laut itu berasal dari spesies pliosaurus, dinosaurus pemakan daging yang hidup di lautan sekitar 150 juta tahun silam. Fosil pliosaurus memang bukan baru kali pertama ini ditemukan.

Namun, dengan melihat ukuran fosil tengkorak pliosaurus yang ditemukan di Jurassic Coast, Dorset, itu sejumlah ahli meyakini ini bisa menjadi pliosaurus dari jenis terbesar yang pernah ditemukan. Fosil bagian tengkorak itu memiliki panjang 2,4 meter dan ditemukan oleh seorang kolektor fosil lokal. Fosil itu lantas dibeli pemerintah daerah Dorset.

Ahli paleontologi Richard Forrest menyatakan bahwa dia sejak lama meyakini ada berbagai jenis pliosaurus khususnya yang berukuran besar, namun belum pernah mendapatkan bukti fisik berupa fosil. ”Dengan melihat sendiri temuan ini secara nyata, saya harus akui membuat mulut ternganga lebar. Benda ini benar-benar luar biasa,” katanya seperti dikutip dailymail.co.uk. ”Kalau melihat ukurannya, dia bisa memakan manusia dengan hanya sekali telan. T-Rex pun cuma jadi sarapan buat dia,” kata Forrest.

Pliosaurus punya kemiripan dengan plesiosaurus, makhluk air berukuran besar yang hidup pada kurun waktu yang sama dengan dinosaurus yang hidup di permukaan tanah. Ciri khas makhluk ini berupa leher yang pendek tapi berukuran besar dengan kepala berbentuk mirip buaya. Makhluk ini memiliki rahang yang kuat dengan deretan gigi yang setajam silet. Mereka bergerak di dalam air dengan menggunakan empat kaki yang berbentuk serupa sirip dan memangsa hewan-hewan laut seperti ichtyosaurus yang berbentuk mirip lumba-lumba. ”Mereka punya otot yang besar di leher dan Anda bisa bayangkan saat mereka mencaplok binatang lain dan berhasil mencengkeramnya dengan kuat.

Dengan otot leher yang kuat itu mereka mungkin bakal mengoyak-ngoyak mangsanya hingga berhamburan,” ujar David Martill, ahli palaeontologi dari Universitas Portsmouth.

Single Post Navigation

3 thoughts on “Ditemukan Monster Laut Purba

  1. jadi penasaran..kalo monster loch ness ada fakta keberadaannya gak ya?

  2. rizki adi sutera on said:

    menurut gw elo semua pada kena tipu..itu photoshop dan khayalan ilmuwan

%d blogger menyukai ini: