Joedha's Blog

Mempelajari berbagai keunikan kehidupan dan menuangkannya ke dalam lembaran blog ini

Hindari Kopi Saat Sedang Radang Tenggorokan

JOEDHA — Radang tenggorokan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. Karena itu, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, salah satunya minum kopi.

Bila radang tenggorokan menyerang, akan timbul rasa nyeri dan sakit di tenggorokan yang kadang disertai dengan mual, menggigil, kehilangan nafsu makan, dan sakit kepala. Namun kebiasaan yang dimiliki, seperti minum kopi, kadang sulit dihilangkan.

Efek samping yang muncul dari radang tenggorokan adalah perasaan kering dan gatal. Ketika hal ini terjadi, hindari makanan dan minuman yang bisa membuat tenggorokan bertambah kering.

Salah satunya minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan soda, karena bisa membuat mulut jadi kering sehingga bisa memperburuk gejala radang tenggorokan yang muncul, seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (17/1/2012).

Selain itu, kafein meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami dehidrasi karena ia bersifat diuretik alami. Padahal orang yang radang tenggorokan butuh cairan yang cukup agar gejalanya mereda.

Sebagai alternatif, cobalah mengganti asupan kafein dari kopi dengan teh yang ditambah lemon atau madu. Hal ini karena kandungan kafeinnya lebih sedikit dan bersifat menenangkan.

Cairan lain yang mungkin masih bisa ditoleransi oleh orang dengan radang tenggorokan termasuk milkshake, sup, dan air putih. Usahakan mengkonsumsi cairan sebanyak mungkin agar membantu mencegah dehidrasi yang bisa memperburuk gejala.

Radang tenggorokan merupakan suatu kondisi yang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti virus (Mononucleosis), sering bernapas menggunakan mulut, merokok, serta infeksi bakteri yang kebanyakan akibat Streptococcus.

Single Post Navigation

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: