Joedha's Blog

Mempelajari berbagai keunikan kehidupan dan menuangkannya ke dalam lembaran blog ini

Inilah Letak Surga Bersepeda

JOEDHA — Masyarakat kini mulai beralih menggunakan sepeda untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan. Aktivitas ini sudah sangat mendunia dan ramah lingkungan.

Gambar

Penggunaan sepeda sendiri saat ini memang butuh fasilitas khusus, seperti jalur khusus sepeda. Hal ini bertujuan meningkatkan keselamatan para pengguna sepeda serta meningkatkan kecepatan berlalu lintas para penggunanya.

Di dunia, ada beberapa kota yang memberi fasilitas dan aturan khusus dalam bersepeda. Ingin tahu?

Amsterdam, Belanda, merupakan kota paling bersahabat bagi pengendara sepeda. Jalan aman dan panjang, keseriusan pemerintah berpromosi, serta budaya bersepeda di negara ini menjadi alasan 40% penduduk kotanya bersepeda.

Barcelona, Spanyol, memiliki Barcelona’s Biking, program yang menjadi satu di antara sekian banyak sistem penyewaan sepeda yang saat ini berkembang di Eropa dan sekitarnya.

Berlin, Jerman. Jumlah komunitas pesepeda Berlin saat ini mencapai 400 ribu lebih dan terus bertambah. Bahkan pemimpin kota ini merasa kurang puas atas hasil tersebut. Karena itu, pemerintah kota tersebut tak segan mengeluarkan jutaan euro untuk membuat situs guna membantu Anda mengetahui rute sepeda di kota ini.

Kopenhagen, Denmark. Satu di antara tiga pekerja di kota ini bersepeda menuju kantor. Tak hanya itu, di kota ini mobil dilarang beredar.

Paris, Prancis. Kota ini mendapat perhatian berkat kreasinya bernama ofVlib’, yang merupakan salah satu program penyewaan sepeda terbesar di dunia. Sebanyak 20 ribu sepeda diedarkan di 1.450 pusat penyewaan di seluruh negeri. Untuk penggunaan kurang dari 30 menit, sepeda ini bisa digunakan secara gratis.

Boulder, Amerika Serikat. Kota kecil ini mendedikasikan 15% anggaran transportasinya untuk menyediakan dan mempromosikan penggunaan sepeda. Hampir semua jalan utama dirancang untuk area bersepeda. Kota ini juga menyediakan peta berwarna bagi pengendara sepeda, lengkap dengan atraksi-atraksi lokal.

Single Post Navigation

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: